Harminawati R, Sitti (2023) Implementasi Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia Interaktif Macro Enable Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Wajo. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enable dalam peningkatan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, dan hasil belajar peserta didik sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest), serta implementasi multimedia interaktif macro enable di SMA Negeri 4 Wajo. Penulis melakukan pendekatan penelitian dengan metode kuantitatif, jenis penelitian adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan model Pre�Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah di SMA Negeri 4 Wajo. Sumber data adalah peserta didik dan pendidik (data primer) dan dokumen yang tekait (data sekunder); instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu melalui alat pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dan laptop sebagai sarana multimedia interaktif, teknik analisis data adalah perhitungan gain ternormalisasi (n-gain), uji normalitas, uji homogenetis, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian ini menunjukkan, (1) Proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan berpedoman pada Silabus dan RPP. Tahap pelaksanaan dilakukan dalam tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Tahap evaluasi dengan bentuk pemberian tugas, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. (2) Hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) pada peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dengan nilai minimun 5 dan hasil maksimum 80, dengan nilai rata-rata 57,41 dan median 65. Hasil belajar sesudah perlakuan (posttest) pada peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dengan nilai minimun 50 dan hasil maksimum 100, dengan nilai rata-rata 82, dan median 85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi multimedia interaktif macro-enable dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Mipa Kolaborasi di SMA Negeri 4 Wajo. (3) Implementasi multimedia interaktif macro-enabled dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dapat terlihat dari indikator dari teori implementasi, yaitu pengembangan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enabled, pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enabled, dan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, multimedia interaktif macro-enable, hasil belajar
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:44
Last Modified: 04 Sep 2024 04:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6981

Actions (login required)

View Item View Item