Reski, Amnisah (2023) Implementasi pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan BTQ peserta didik di SDIT Al-Insan pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886108006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an salaha satu pelajaran yang biasa membuat peserta didik jenuh dalam proses kegiatan pemeblajaran berlangsung sehingga kurang yang meminatinya. Sehingga seiring perkembangan zaman ada banyak metode yang bermunculan dalam membantu peserta didik dalam belajar salah satunya pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode wafa. Metode ini memberikan pembelajaran yang menggunakan otak kanan sehingga dapat memberikan suasana belajara yang menyenangkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode wafa pada peserta didik dan implementasi peningkatan kemampuan BTQ peserta didik di Sdit Al Insan Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data yaitu kredibilitas, keteralihan, dapat dipercaya dan dapat dikomfirmasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode wafa pada peserta didik diperlukan tahapan yang dimulai dari perencanaan (planning), mengkoordinasi (organizing), pelaksanaan (action) dan evaluasi. (2) Implementasi peningkatan kemampuan BTQ peserta didik SDIT Al-Insan Pinrang menggunakan metode wafa ialah kemampuan belajar membaca Al-Qur’an peserta didik dilakukan dengan menerapkan pola pembelajaran tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi dan rayakan yakni biasa dikenal dengan singkatan tandur. Dalam penerapan menulis Al-Qur’an mengikuti panduan yang telah ditetapkan. sesuai buku panduan yang telah disediakan dalam pembelajaran Al-Qur’an metode wafa yang dimulai dari menebalkan huruf hijaiyyah, menulis huruf tunggal hijaiyyah, menyambung huruf dan menulis ayat di buku biasa masing-masing peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Wafa, Kemampuan BTQ |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:42 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6980 |
Actions (login required)
View Item |