Mandasari, Puti (2024) Analisis Faktor Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Mamuju. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2120203860102017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Persaingan bisnis dalam dunia perbankan semakin ketat baik di pasar domestik maupun internasional. Untuk memenuhi kepuasan nasabah pada industri perbankan, kualitas pelayanan nasabah sangat penting bagi perusahaan untuk dikelola dengan baik agar tetap mendapat kepercayaan dan kepuasan dari nasabah. Dalam memberikan kualitas pelayanan yang baik bank mengeluarkan produk jasa yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah diantaranya melalui media elektronik atau yang dikenal dengan m-banking. Melalui m-banking, nasabah dapat mengakses produk dan jasa perbankan dengan menggunakan smartphone di mana saja dan kapan saja selama 24 jam tanpa nasabah datang ke bank atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Layanan m- banking diharapkan mampu memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Namun penggunaan layanan m-banking tidak semulus dengan apa yang diharapkan. Menurut hasil wawancara terdapat presentase sebesar 2% dari 1500 pengguna m- banking di Bank Syraiah Indonesia KC Mamuju melakukan pengaduan terkait layanan m-banking Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Layanan Mobile Banking yang meliputi keamanan sistem m-banking, kredibilitas perusaan jasa layanan perbankan, kemudahan penggunaan layanan dan kecepatan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Mamuju. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan sampel sebanyak 94 responden. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam analisis linear berganda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu: Uji T (Parsial), Uji F (Simultan), dan Koefisien Determinasi (R2). Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dahulu data harus memenuhi uji asusmsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keamanan sistem mobile banking berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,007 dibawah 0,05, variabel kredibilitas perusahaan layanan perbankan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dengan diperoleh nilai signifikansi 0,016 dibawah 0,05, dan variabel kecepatan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dengan diperoleh nilai signifikansi 0,000 dibawah 0,05. Sedangkan secara simultan diketahui bahwa nilai Fhitung 38,801 lebih besar dari Ftabel 2,472 artinya secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Besarnya pengaruh layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah sebesar 56,4%. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan : Y = 2,624 + 0,227 X1 + 0,211 X3 + 0,407 X4 + e. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat dikatakan bahwa variabel layanan m-baking yang meliputi keamanan sistem m-banking, kredibilitas perusahaan jasa layanan perbankan, dan kecepatan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Maka semakin tinggi kualitas layanan m- banking maka semakin meningkat kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Mamuju.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan M-Banking, Kepuasan Nasabah |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:40 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:40 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6979 |
Actions (login required)
View Item |