Nugrah, Nugrah (2023) Penerapan Metode Kitab Al-Miftah dalam Pembelajaran Membaca Kitab Kuning Santri di MTs Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga Kab. Polman. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886108005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang sistem pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga, pembelajaran kitab kuning telah diterapkan sejak pesantren didirikan namun realitanya tidak semua santri dapat membaca kitab kuning dengan cepat, sistem pembelajaran digunakan adalah sistem klasik sehingga santri merasa kesulitan membaca kitab kuning, oleh karena itu, diterapkan metode yang lebih praktis dalam membaca kitab kuning yaitu metode kitab Al-Miftah, metode ini dianggap mampu menjadikan santri dapat membaca kitab kuning dengan cepat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan metode kitab Al-Miftah sebagai metode belajar cepat membaca kitab kuning santri di MTs Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga Kab. Polman. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi dalam pengambilan data, serta menguji dan menganalisis data secara kualitatif pula. Sumber data adalah Ketua Yayasan, Pimpinan, Pendidik, dan santri; sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data, menggunakan kredibilitas, triangulasi sumber, waktu dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan kitab Al-Miftah di Pesantren Al-Risalah ini melalui beberapa tahapan yaitu: persiapan, meliputi tujuan pembelajaran, materi, target capaian, pelaksanaan Tahap pelaksanaan menyangkutwaktu pembelajaran, pembagian kelas dan proses pembelajaran. Pada tahap evaluasi menggunakan tes tulis dan lisan, penerapan metode ini telah berjalan cukup baik dan efektif. (2) Adapun kendala dalam penerapan metode kitab Al-Miftah adalah, kendala dalam penerapan metode jumlah santri yang banyak dengan kemampuan santri yang berbeda-beda sehingga santri yang yang lambat akan tertinggal. Kendala kedua adalah tenaga pendidik untuk lebih mendapatkan hasil yang lebih maksimal pondok pesantren masih butuh tambahan tenaga pendidik yang paham dengan metode Al-Miftah (3) Hasil penerapan metode kitab Al-Miftah menjadi penunjang para santri dalam membaca kitab kuning dengan cepat, santri dapat membaca kitab kuning karangan ulama klasik maupun kitab karangan ulama kontemporer sesuai dengan kaidah nahwu dan sharaf. Keberhasilan dan keefektifan terlihat ketika beberapa kali santri berhasil meraih prestasi dalam lomba tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Pembelajaran, Kitab Al-Miftah, Pondok Pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:39 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:39 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6978 |
Actions (login required)
View Item |