Nurhamidah, Nurhamidah (2024) Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif siswa SMA Negeri 5 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203860102011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Perilaku konsumtif remaja saat ini tidak lepas dari keinginan untuk diperhatikan orang lain, baik itu penampilan dan lainnya dan selalu memaksakan diri untuk menjadi setara dengan orang-orang di sekitar mereka. Kebiasanya remaja yang memiliki kecenderungan gaya hidup hedonisme biasanya cenderung kepada memenuhi keinginan dan akan berusaha agar sesuai dengan status social. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran mengenai perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 5 Parepare. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah literasi keuangan, gaya hidup hedonisme dan lingkungan sosial sebagai variabel independen sedangkan perilaku konsumtif sebagai variabel dependent. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Populasi berjumlah 387 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 80 sampel. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah Kuesioner / Angket. Hasil penelitian menunjukkan: berdasarkan hasil uji korelasi, diperoleh bahwa Literasi Keuangan (X1), Gaya Hidup (X2) dan Lingkungan Sosial (X3) memiliki korelasi atau hubungan dengan Perilaku Konsumtif siswa (Y) dengan masing-masing nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 maka H1, H2 dan H3 diterima . Nilai Pearson Correlation X1 terhadap Y yaitu 0,828 yang artinya Tingkat Korelasinya Sangat Kuat. Nilai Pearson Correlation X2 terhadap Y yaitu 0,610 yang artinya Tingkat Korelasinya Kuat. nilai Pearson Correlation X3 terhadap Y yaitu 0,683 yang artinya Tingkat Korelasinya Kuat. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif dengan nilai 0,000 < 0,05 maka H4 diterima. Terdapat pengaruh Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif dengan nilai 0,001 < 0,05 maka H5 diterima. Selanjutnya, tidak terdapat pengaruh antara Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Konsumtif dengan nilai 0,115 > 0,05 maka H6 ditolak. Selanjutnya variabel yang paling dominan mempengaruhi Perilaku Konsumtif adalah variabel Literasi Keuangan dengan nilai 0,868.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Lingkungan Sosial dan Perilaku Konsumtif
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:52
Last Modified: 03 Sep 2024 04:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6973

Actions (login required)

View Item View Item