Idul, Muhammad (2022) Improving Teachers’ Competence In Online Teaching by Learning Management System (LMS) Training. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203879102007 MUHAMMAD IDUL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Pembelajaran online menjadi sistem pembelajaran yang xviiationa sejak wabah covid 19. Namun, sistem pembelajaran ini masih terus digunakan sampai sekarang. Pembelajaran online juga digabungkan dengan pembelajaran offline. Ini disebut pembelajaran hibrida atau campuran. Pembelajaran tersebut dianggap efektif untuk mencapai hasil belajar. Namun, untuk melaksanakan pembelajaran online secara efektif, guru membutuhkan kompetensi dalam menggunakan teknologi pembelajaran. Pelatihan sistem manajemen pebelajaran meliputi pelatihan pengoperasian aplikasi pembelajaran, seperti pembuatan akun dan kelas serta pengembangan konten pengajaran dalam aplikasi pembelajaran, seperti pengembangan bahan ajar dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran online melalui pelatihan sistem manajemen pebelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subjek penelitian ini adalah lima orang guru Bahasa Inggris Madrasah Aliyah di Parepare. Prosedur pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan sistem manajemen pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran online. Kompetensi tersebut meliputi kemampuan menggunakan aplikasi dalam mengajar. Pada siklus I, presentasi dan demonstrasi merupakan metode untuk melatih guru. Pada siklus ini, guru dapat membuat akun guru, akun siswa, dan kelas. Namun, mereka masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar dan penilaian. Pada siklus kedua peneliti menambahkan pendampingan dan peer teaching untuk melatih guru mengembangkan bahan ajar dan penilaian. Pada siklus II, guru sudah mampu mencapai kompetensi dalam menggunakan teknologi pembelajaran dalam pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Pelatihan Sistem Manajemen Pebelajaran
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:50
Last Modified: 03 Sep 2024 04:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6972

Actions (login required)

View Item View Item