Sultan, Nurul Hikmah Hayati (2024) Penggunaan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Terpuji Siswa Kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886108033 NURUL HIKMAH HAYATI S.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman akhlak terpuji siswa kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi, dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman akhlak terpuji siswa kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi melalui penggunaan video animasi. Penggunaan video animasi dalam pembelajaran diharapkan bisa membantu siswa yang semula sulit memahami materi menjadi mudah untuk dipahami karena melihat penjelasan materi dengan media video animasi materi akhlak terpuji pada pokok bahasan disiplin dan mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan kolaborasi yang mana guru merupakan mitra kerja peneliti yang memusatkan perhatian pada aspek- aspek penelitian tindakan kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian kualitatif, dimana uraian bersifat deskriptif, observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini mencakup dua proses karena mendeskripsikan terlebih dahulu dalam penulisannya lalu di analisis melalui penilaian dengan angka. Hasil penelitian ini, Pertama, Pemahaman materi akhlak terpuji siswa di MIS Muhammadiyah Samallangi ini tergolong sangat rendah dalam pembelajaran karena kurangnya minat belajar siswa yang dipengaruhi oleh banyak bermain dan aktivitas dilingkungan sekitarnya saat diluar sekolah. Kedua, Pembelajaran dengan menggunakan media video animasi dalam kegiatan pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji. Pemahaman materi akhlak terpuji siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran akidah akhlak khususnya pada penguasaan materi akhlak terpuji rata-rata pada siklus I sebesar 35,25% hasil dari pemahaman siswa terhadap materi yang dikategorikan kurang baik, dan pada siklus II meningkat sebesar 89,25% dikategorikan baik, hasil dari pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji disiplin dan mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Penggunaan Video Animasi, Materi Akhlak Terpuji |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:57 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6968 |
Actions (login required)
View Item |