Sukwanty. T, Sukwanty. T (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pop-up Book pada Materi Taharah di SDN 95 Tanete Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886108018 sukwanty.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang media pembelajaran pop-up book, materi tentang berwudu dan praktik berwudu. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat siswa lebih interaktif dalam proses belajar mengajar. Salah satunya diwujudkan dengan mengembangkan media yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari itu, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan buku sebagai media yang dapat menarik perhatian siswa. Dengan adanya pop up book diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang sulit. Materi yang digunakan yakni materi taharah dengan pokok pembahasan berwudu. Jenis penelitian ini adalah Rearch and Development, dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan penelitian secara sistematis yakni analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas 2 di SDN 95 Tanete Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Instrumen pengumpulan data digunakan untuk memperoleh data yakni, wawancara, tes, dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan N-Gain Score. Hasil penelitian mengembangkan buku pop up sebagai media pembelajaran menunjukkan bahwa media pop-up book , 1) aspek media memperoleh hasil verifikasi materi 1 dan 2 sebesar 80% dan 85% dalam kategori valid, aspek media memperoleh hasil verifikasi sebesar 80%% dalam kategori valid dan aspek pembelajaran PAI memperoleh hasil verifikasi sebesar 87,5% dalam kategori sangat valid, 2) buku pop up termasuk dalam kategori praktis digunakan sebagai media pembelajaran PAI dengan hasil analisis sebesar 80%, 3) media ini termasuk dalam kategori efektif digunakan berdasarkan hasil posttest dan pretest dengan hasil perhitungan N-Gain untuk kompetensi dasar 3.9 dan 4.9 adalah 0,5 dan 0,7. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang membahas materi tentang berwudu. Temuan dari penelitian ini adalah media dalam bentuk pop-up book dengan tampilan bentuk perspektif kelas. Media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 2 di SDN 95 Tanete.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, pop up book, taharah |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:56 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6967 |
Actions (login required)
View Item |