Asri, Muhammad (2023) Penggunaan Handphone Android Pada Pembelajaran Berbasis IT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik di MTsN 2 Majene. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108004 MUHAMMAD ASRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan handphone android pada pembelajaran berbasis IT dalam meningkatkan hasil belajar fikih peserta didik MTsN 2 Majene. Adapun tujuan umum penelitian dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fikih peserta didik kelas VIII A MTsN 2 Majene dengan menggunakan handphone android selama pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTsN 2 Majene. Instrumen utama penelitian ini adalah tes yang didukung oleh isntrumen penelitian dengan pengumpulan data berupa dokumentasi, dengan sampel penelitian berjumlah 21 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu sampel berjumlah 10 orang sebagai kelompok kontrol dan 11 orang sebagai kelompok eksperimen. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handphone android dapat meningkatkan hasil belajar fikih peserta didik di MTsN 2 Majene. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis menunjukkan bahwa nilai O1 lebih kecil dari O2 maka X yang diterima yaitu (71,8 > 63). Kelas eksprimen menggunakan handphone android dengan nilai pre test 56,4 dan nilai rata-rata post test 71,8 sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol pre test 55,5 dan nilai rata-rata post test 63. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan handphone android pada pembelajaran berbasis IT dapat meningkatkan hasil belajar fikih peserta didik di MTsN 2 Majene. Implikasi dari penelitian ini adalah handphone android merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik, sehingga pendidik dapat menggunakan handphone android yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pendidik diharapkan dapat menggunakan handphone android dengan pendekatan saintifik pembelajaran fikih, khususnya materi indahnya berbagi dengan sedekah, hibah dan hadiah. Karena handphone android pada pembelajaran pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dan mampu memancing kembali ingatan peserta didik saat tes akhir berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Handphone Android, Pembelajaran Fikih, Hasil belajar, Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:55
Last Modified: 03 Sep 2024 02:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6965

Actions (login required)

View Item View Item