Intan, Nur (2024) Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti di UPTD SD Negeri 47 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886108019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang respons dan hasil belajar peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Articulate Storyline pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di UPTD SD Negeri 47 Parepare. Articulate Storyline dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran berbasis html5 (web). Software ini merupakan salah satu tools yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan menggabungkan teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain quasi eksperimental design, dengan membandingkan dua kelas yakni kelas eksperimen dengan pemberian materi dengan media Articulate Storiline dan kelas kontrol dengan menggunakan konvensional. Sampel penelitian menggunakan sampling jenuh, sample yakni kelas VI A sebanyak 18 peserta didik dan VI B sebanyak 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistik desktriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di UPTD SD Negeri 47 Parepare dapat ditunjukkan hasil perolehan data dari angket yang disebarkan yakni 80% yang berarti berada pada kategori baik, dari angka tersebut diketahui bahwa media Articulate Storyline mudah untuk digunakan (2) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di UPTD SD Negeri 47 Parepare dapat diketahui melalui hasil uji pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pretest pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 32,33, sedangkan hasil penelitian kelas kontrol menunjukkan bahwa skor pretest dengan rata-rata (mean) sebesar 30,88. 3) Terdapat perbedaan antara penggunaan media Articulate Storyline dengan tidak menggunakan media Articulate Storyline terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti di UPTD SD Negeri 47 Parepare. Hasil analisis Independent Sampel T Test diperoleh melalui aplikasi SPSS dengan perolehan nilai signifikn 2 tailed lebih kecil (0.00 ≤ 0.05), hal ini dibuktikan dengan hasil posttest peserta didik dengan menggunakan media yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Dari perbedaan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa media Articulate Storyline lebih efektif digunakan dalam proses belajar mengajar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Articulate Storyline, Hasil Belajar |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:52 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:52 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6962 |
Actions (login required)
View Item |