Akbar, Imran (2024) Minat guru menggunakan media hiburan pada pembelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kab. Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203879102009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui perasaan guru, 2) mengetahui tingkat perhatian guru, 3) mengetahui tingkat ketertarikan guru, serta 4) mengetahui tingkat keterlibatan guru sebagai indikator dalam menggunakan media hiburan pada pembelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kab. Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga guru Bahasa Inggris. Data diperoleh dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa inggris di pondok pesantren Darul ‘Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kab. Pinrang memiliki bentuk minat yang variatif terkait penggunaan media hiburan pada pembelajaran yang dilihat dari 4 indikator minat. Perasaan senang, guru merasa senang menggunakan media hiburan karena mendukung pembelajaran dan meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Serta, guru merasa nyaman karena media hiburan mampu membuat pembelajaran dan suasana kelas menjadi interaktif. Perhatian, guru memiliki bentuk perhatian yang variatif. Diantaranya, guru berusaha menyesuaikan diri dengan penggunaan media hiburan pada sifat/ karakter dan usia peserta didik. Guru memastikan peserta didik terlibat dan memahami materi. Serta mengevaluasi kekurangan media hiburan yang digunakan. Guru juga memastikan bahwa penggunaan media hiburan bisa menyeluruh kepada peseta didik agar dapat mengetahui kemampuan pemahaman peserta didik. Sehingga menjadi bahan evaluasi untuk materi pembelajaran selanjutnya. Ketertarikan, dalam konteks ini juga memiliki beberapa variasi. Diantaranya, guru tertarik karena media hiburan dapat mengembangkan kreativitas pendidik dan juga dapat mengembangkan kreativitas siswa itu sendiri. Serta, pembelajaran akan terasa melelahkan dan membosankan jika tidak menggunakan media hiburan. Keterlibatan, pada konteks ini, juga memiliki beberapa variasi. Seperti, guru selalu menyiapkan modul pengajaran, mempersiapkan media hiburan yang akan digunakan. Serta mengaktualisasikan diri dengan mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan media hiburan pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat, media hiburan, kelas EFL
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:51
Last Modified: 03 Sep 2024 02:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6961

Actions (login required)

View Item View Item