Fitriani, Fitriani (2024) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Budaya Terhadap Pembentukan Karakter (Studi Terhadap Nilai Pappaseng Lagu bugis Di Kelas VIII UPTD SMP Negeri 9 Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
FITRIANI (19.1700.064).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang ada banyak peserta didik yang mulai kurang menghargai, kurang menghormati, kurang sopan, kurang jujur, lalai dalam mengerjakan tugas dan memilih-milih teman dalam belajar kelompok pada proses pembelajaran. Pada era globalisasi sekarang terjadi perubahan yang sangat cepat dalam berbagai bidang kehidupan, pengaruhnya pun juga berdampak pada memudarnya nilai budaya yang ada di dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pembelajaran berbasis budaya terhadap pembentukan karakter (studi terhadap nilai pappaseng lagu Bugis di kelas VIII UPTD SMPN 9 Parepare) dan efektivitas pembelajaran berbasis budaya terhadap pembentukan karakter (studi terhadap nilai pappaseng lagu Bugis di kelas VIII UPTD SMP Negeri 9 Parepare). Rancangan penelitian ini menggunakan quasi�eksperimen dengan pre-post test with control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 46 orang peserta didik UPTD SMP Negeri 9 Parepare kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan yang dilaksankan meliputi: tahap perencanaan: Menentukan materi pembelajaran berbasis budaya, menyusun RPP, menyusun lembar pretest dan post test, dan menyiapkan alat dan sumber belajar, tahap pelaksanaan: membacakan tujuan pembelajaran, menganalisis nilai pappaseng lagu Bugis, tahap evaluasi dan efektivitas pembelajaran berbasis budaya terhadap pembentukan karakter (studi terhadap nilai pappaseng lagu Bugis di kelas VIII UPTD SMP Negeri 9 Parepare). Berdasarkan dari data yang ditemukan bahwa nilai Sig. (0.001) yang menyatakan bahwa nilai Sig. (0.001) < 0.05 maka keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R²) sebesar 76,7% Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pembentukan karakter terhadap nilai pappaseng lagu Bugis pada peserta didik UPTD SMP Negeri 9 Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Budaya,Pembentukan Karakter, Nilai Pappaseng |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:48 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:48 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6955 |
Actions (login required)
View Item |