Putri, Arsinta Pratiwi (2024) Efektivitas Pembelajaran IPS Interaktif Berbasis Game Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VIII di MTs DDI Bilajeng. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
ARSINTA PRATIWI PUTRI (2020203887220027).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, media sebagai penunjang pembelajaran selalu mengalami perbaikan dan kemajuan. Beragam mediapun telah banyak diciptakan untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran yang digunakan juga harus dirancang inovatif dan semenarik mungkin agar siswa tertarik dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran interaktif yang bisa digunakan yatu game kahoot. Kahoot merupakan sebuah platform pembelajaran online yang berbasis permainan untuk memudahkan pengguna dalam membuat, berbagi serta game belajar yang menyenangakan dengan hitungan waktu yang disediakan Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan dan efektivitas peningkatan motivasi belajar mata pelajaran IPS melalui pembelajaran IPS Interaktif Berbasis Game Kahoot pada Mata Pelajaran IPS di MTs DDI Bilajeng. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game kahoot pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Aplikasi game kahoot dilaksanakan pada tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pemelajaran. Kemudian penggunaan media game kahoot dalam kegiatan pembelajaran IPS terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar awal pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata 73,52 dengan presentase 80%. Sedangkan pada motivasi belajar akhir pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata 78,56 dengan presentase 85,39%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis game kahoot pada mata pelajaran IPS efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Game Kahoot, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:47
Last Modified: 03 Sep 2024 02:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6954

Actions (login required)

View Item View Item