Delfiani, Indah Rahma (2024) Realitas Pangngadereng dalam Tradisi Mappacci di Sebagai Sumber Belajar IPS. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
20202038872200023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Realitas Pangngadereng dalam tradisi Mappacci merupakan sumber belajar yang berharga untuk Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) karena mencerminkan beragam aspek sosial, budaya, dan ekonomi dalam masyarakat Bugis-Makassar di Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Pangngadereng bukan hanya sekadar upacara pernikahan, tetapi juga merupakan suatu prosesi yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan masyarakat, seperti struktur sosial, peran gender, dan dinamika hubungan sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang Realitas Pangngadereng dalam Tradisi Mappacci Sebagai Sumber Belajar IPS. Di SMP kelas 7 terdapat tema keberagaman budaya yang dimana mempunyai tujuan dan indikator capaian pembelajaran. Metode peneltian yang digunakan ialah metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, informan yang diwawancara ialah Tetuah adat, masyarakat pelaku Mappacci dan masyarakat Bugis serta teknik analisis data menggunakan data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Realitas Pangngadareng dalam Tradisi Mappacci yang dilakukan oleh Masyarakat di Kecamatan Bacukiki Kota Parepare tercermin dalam kesetiaan terhadap tradisi (Tongeng), kejujuran dalam menjalankan prosesi (Allemupureng), keadilan dalam penegakan norma dan nilai�nilai (Adele), serta ketegasan dalam mempertahankan keaslian dan integritas budaya (Getteng) sehingga realitas Pangngadereng tidak hanya menjadi sebuah upacara pernikahan, tetapi juga merupakan wujud nyata dari kesetiaan masyarakat Bugis�Makassar terhadap nilai-nilai tradisional mereka, yang dijalankan dengan kejujuran, keadilan, dan ketegasan. 2) Urgensi Pangngadereng dalam Tradisi Mappacci sebagai Sumber Belajar IPS sangatlah signifikan dimana Tradisi Mappacci menjadi jendela yang membuka wawasan tentang berbagai aspek masyarakat, budaya, dan tradisi dalam konteks lokal serta pemahaman yang mendalam tentang sumber belajar IPS pada struktur sosial, nilai-nilai budaya, dan dinamika hubungan sosial dalam masyarakat Bugis-Makassar serta menjadi sumber pembelajaran yang berharga untuk memahami keragaman budaya dan kekayaan warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat setempat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pangngadereng, Mappacci Sumber Belajar IPS |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6953 |
Actions (login required)
View Item |