Sunarti, Sunarti (2024) Dampak pemanfaatan gadget dalam pembelajaran IPS bagi perkembangan sosial peserta didik: Studi kasus pada MTs DDI Lero Kab.Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203887220035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemanfaatan Gadget dalam pembelajaran IPS, untuk mendeskripsikan perkembangan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS terhadap penggunaan Gadget dan untuk mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan Gadget terhadap perkembangan sosial peserta didik di MTs DDI Lero Kab Pinrang. Metode peneltian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, informan yang diwawancara ialah guru IPS dan peserta didik serta teknik analisis data menggunakan data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru dan siswa memanfaatkan gadget dalam pembelajaran IPS dengan memperhatikan durasi penggunaan, konten yang disaksikan, interaksi dan ketergatungan pada penggunaan gadget. Guru menggunakan gadget sebagai alat untuk memfasilitasi pembelajaran, sedangkan siswa mencari sumber belajar online, untuk digunakan dalam diskusi kelompok, dan memperluas akses informasi. Pemanfaatan gadget membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan memperkaya pengalaman belajar. dan pencarian informasi, walaupun terdapat penurunan kemampuan empati dan adaptasi sosial. 3) Dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan gadget pada perkembangan sosial peserta didik menunjukkan dampak positif termasuk peningkatan antusias belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam aktivitas pembelajaran. Dampak negatif yang ditimbulkan adalah risiko akses yang tidak terkontrol ke konten yang tidak sesuai dengan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, gadget, perkembangan sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6952 |
Actions (login required)
View Item |