Andriani, Andriani (2024) Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negei 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203887220009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah metode pembelajaran yang fleksibel di mana proses belajar-mengajar memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk belajar materi pelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan individunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan serta, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Populasi seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Parepare yang berjumlah 374 orang. Sampel terdiri dari 68 peserta didik yang masing-masing kelas terdiri 34 peserta didik, di kelas eksperimen (VII.1) dan kelas kontrol (VII.2). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) efektivitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran IPS cukup efektif dengan hasil uji N-Gain Score menunjukkan rata-rata sebesar 75,5988 atau 75,5%.(2) Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik setelah menerapkan metode pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini terlihat dari nilai t yang diperoleh adalah 6,256 dengan (df) sebesar 66 dan nilai signifikansi (2-tailed) <0,001, yang mana <0,05. Oleh karena itu, hipotesis H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Mata pelajaran IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:42
Last Modified: 03 Sep 2024 02:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item