Octaviani, Liza (2023) Fenomena Kesetaraan Gender Sebagai Sumber Pembelajaran IPS (Studi Terhadap Pendidik Perempuan di Kota Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1700.057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Fenomena kesetaraan gender dalam keluarga, bukan hanya terkait dengan kesetaraan kedudukan antara suami dan istri yang menjadikan suami dan istri memiliki peran yang setara dalam pengambilan keputusan dan perencana keluarga ke depan, tentu adanya eksitensi kesetaraan gender dalam keluarga dapat dimulai dengan berbagi peran contohnya dalam peran domestik antara suami dan istri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksitensi kesetaraan gender dalam lingkungan keluarga yang berprofesi sebagai pendidik perempuan, mendeskripsikan faktor pendukung terjadinya kesetaraan gender dalam lingkungan keluarga pendidik perempuan, faktor penghambat terjadinya kesetaraan gender dalamlingkungan keluarga pendidik perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi informan dalam penelitian adalah, pendidik perempuan yang ada di Kecamatan Ujung yakni Kelurahan Mallusetasi, Kelurahan Lapadde, Kelurahan Labukkang, Kelurahan Ujung Bulu, Kelurahan Ujung Sabbang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa eksitensi gender terkait dengan keberadaan gender harus dengan kesadaran masyarakat serta pembagian peran domestik yang sesuai dengan kemampuan dibagi secara adil tanpa ada yang merasa terbebani. Faktor pendukung terjadinya kesetaraan gender dalam lingkungan keluarga pendidik perempuan salah satunya sektor pendidikan, terkait dengan keberadaan gender terbukanya akses pendidikan yang menjadikan perempuan memiliki bekal untuk memperoleh pekerjaan dan karir yang cemerlang. Faktor penghambat terjadinya kesetaraan gender dalam lingkungan keluarga pendidik perempuan faktor waktu, budaya (tabu), dan campur tangan orang lain terhadap pekerjaan domestik di dalam keluarga pendidik perempuan. Budaya masyarakat yang menganggap laki-laki tabu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ilmu pengetahuan sosial merupakan sebuah pelajaran yang mampu membangun siswa untuk menjadi warga yang demokratis. Pengaplikasian fenomena gender sebagai sumber pembelajaran IPS adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada peserta didik secara terencana sehingga peserta didik memperoleh kompetensi tentang bahan IPS yang dipelajari. Dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Pendidik Perempuan, Sumber Pembelajaran IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:10
Last Modified: 03 Sep 2024 01:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6947

Actions (login required)

View Item View Item