Asmi, Asmi (2023) Dampak Pembelajaran Daring (Studi Kasus Solidaritas Mahasiswa Tadris IPS) Angkatan 2019. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1700.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk solidaritas sosial mahasiswa tadris IPS masuk pembelajaran daring angkatan 2019 dan dampak pembelajaran daring pada solidaritas mahasiswa tadris IPS angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Jenis penelitian studi kasus, dimana informan penelitian yaitu dosen, ketua rombel, dan mahasiswa tadris IPS. Pada saat pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data menganalisis menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Dampak pembelajaran daring terhadap solidaritas mahasiswa tadris IPS angkatan 2019 menurun di sebabkan oleh kurang berinteraksi satu sama lain serta tidak terjalin kekompakkan dan solidaritas di dalam kelas karena tidak berbaur dengan teman kelas secara menyeluruh, mereka hanya berinteraksi dengan teman dekat saja. (2). Bentuk solidaritas sosial mahasiswa tadris IPS dalam pembelajaran daring angkatan 2019 yaitu mengingatkan teman saat ada kelas daring, bekerja sama dalam proyek serta memberikan informasi ketika ada perpindahan jadwal pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Solidaritas, Tadris IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:08
Last Modified: 03 Sep 2024 01:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6945

Actions (login required)

View Item View Item