Nurhayati, Nurhayati (2023) Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1700.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Aplikasi tiktok merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan penggunanya untuk menonton dan menghasilkan video berdurasi singkat sendiri karena sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung untuk mengedit seperti filter/efek, fitur pengisi musik, fitur pengisi text, draf, Q&A, dan fitur daftar putar sehingga membuatnya sangat cocok dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran IPS dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dimana pengamatannya dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 prosedur penelitian yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII.D yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melihat hasil tes tingkat kreativitas peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pada observasi pertama terdapat 88% atau 22 orang dari 25 peserta didik yang sama sekali belum bisa membuat media pembelajaran IPS apalagi jika melibatkan aplikasi tiktok sebagai wadah pembuatannya. Kemudian pada tahap pelaksanaan siklus I dan siklus II, kreativitas peserta didik pada indikator kelancaran berpikir meningkat dari 12% menjadi 72%. Indikator keluwesan berpikir meningkat dari 0% menjadi 80%. Indikator elaborasi meningkat dari 0% menjadi 72%. Dan Indikator originalitas/keaslian meningkat dari 4% menjadi 84%. Hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran IPS benar dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas VIII.D sampai mencapai kategori keberhasilan yang diinginkan peneliti yaitu 70% atau mencapai tahap MSH= meningkat sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi TikTok, Media Pembelajaran, IPS, Kreativitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:06
Last Modified: 03 Sep 2024 01:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6944

Actions (login required)

View Item View Item