Munalestari, Evi (2023) Penerapan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran IPS Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1700.008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Metode pembelajaran Talking Stick merupakan salah satu model pembelajaran Cooperative Learning. Metode pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat. Siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari pendidik (guru) setelah peserta didik mempelajari materi pokoknya. Selain untuk melatih berbicara, metode pembelajaran ini akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat peserta didik aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Talking Stick dalam meningkatkan kemampuan berpikir Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari kelas VII.7 sebagai kelas kontrol dan kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas. uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan berpikir higher order thinking skills (HOTS) peserta didik sebelum diterapkan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Parepare paling tinggi 75%. (2) Tingkat kemampuan berpikir higher order thinking skills (HOTS) peserta didik setelah diterapkan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Parepare paling rendah 80%. Adapun hasil dari tingkat kepuasan peserta didik berdasarkan angket yaitu, sebagian besar peserta didik setuju terhadap penerapan metode Talking Stick sehingga dapat dikatakan berhasil karena kriteria keberhasilan yang ditetapkan dapat terpenuhi yaitu dapat meningkatkan kemampuan berpikir HOTS peserta didik. (3) Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Talking Stick pada pembelajaran IPS efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir HOTS kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Talking Stick, Berpikir HOTS, Pembelajaran IPS |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:24 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:24 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6942 |
Actions (login required)
View Item |