Khairul, Moh (2024) Pengaruh Lingkungan Belajar dan Media Pembelajaran tehadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Binuang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1700.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Terdapat banyak faktor yang memengaruhi prestasi belajar baik faktor yang berasal dari dalam diri siswa maupun faktor yang berasal dari luar diri siswa. Faktor�faktor dalam lingkungan belajar seperti kebersihan sekolah, ketersediaan fasilitas, kenyamanan dan interaksi sosial dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap semangat dan fokus siswa dalam belajar. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa juga dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang mengkaji hubungan antara variabel atau beberapa variabel dengan variabel lainnya dikenal dengan Penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri Binuang Polman. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial, lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,069 dan nilai t hitung sebesar 1,874. (2) Media pembelajaran juga memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri Binuang Polman. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,132 dan nilai t hitung sebesar 1,539. (3) Lingkungan belajar dan media pembelajaran secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri Binuang. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai F hitung sebesar 19,447. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,493 atau 49,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Media Belajar, Prestasi Belajar, Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:22
Last Modified: 02 Sep 2024 07:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6939

Actions (login required)

View Item View Item