Nurfalah, Tiyas (2023) Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Respon Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Plus Budi Utomo Makassar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1700.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Media animasi adalah aktivitas yang dihasilkan melalui proses manipulasi visual yang terdiri dari rangkaian gambar atau lukisan yang dikontrol secara mekanis sehingga tampilannya bergerak di layar. Dengan mengubah rangkaian gambar, ilusi gerakan dapat terlahir. Ini adalah gerakan bertahap dari setiap bagian objek gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menggunakan media animasi dan menganalisis pertumbuhan respons siswa di SMP Plus Budi Utomo Makassar di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research, dengan subjek penelitian yaitu kelas VIII.2 sebanyak 15 peserta didik, yang menerapkan sebanyak II tahapan siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dan II penggunaan media animasi dilakukan mengikuti tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pertemuan pertama pada siklus I dan pertemuan kedua pada siklus II, pendekatan utama penggunaan media animasi dilakukan dengan cara membagi kelompok dengan materi interaksi antar negara-negara ASEAN. Hasil evaluasi siklus I yaitu: STS (60%), TS (33%), S (7%), SS (0%). Hal tersebut menunjukkan respon peserta didik mengalami penurunan, sehinggah peneliti memutuskan melanjutkan pada siklus ke II. Hasil evaluasi pada siklus II yaitu: STS (0%), TS (0%), S (40%), SS (60%). Informasi tersebut menunjukkan bahwa respon belajar peserta didik mengalami peningkatan dari STS 60% pada siklus I menjadi STS 0% pada siklus II dan SS 0% pada siklus I menjadi SS 60%. Peningkatan respon peserta didik setelah penggunaan media animasi yang mengarah pada indikator dengan hasil bahwa: indikator motivasi menunjukan presentase 80.25%, indikator kemenarikan menunjukkan presentase 70.00% dan indikator rasa ingin tahu menunjukkan presentase 70.00% dengan hasil nilai rata-rata: 73.416%. Hal tersebut membuktikan respon peserta didik terhadap penggunaan media animasi berada pada kategori kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Animasi, Respon Belajar Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:17
Last Modified: 02 Sep 2024 07:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item View Item