Halizah, Nurul (2024) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP 10 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1700.001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VIII SMP 10 Pinrang. Adapun kemampuan dalam proses pembelajaran IPS yaitu untuk berpikir kritis, motivasi internal dalam belajar, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok untuk menyelesaikan soal yang berisi permasalahan sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian yaitu kelas VIII B dengan jumlah 13 peserta didik. Dengan tahapan penyelesaian penerapan siklus yang berjumlah 2 siklus tindakan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan penerapan Problem Based Learning pada dua siklus dengan mengikuti kegiatan pembelajaran yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata 58,46, persentasi skor yang dicapai 40,625% dan ketuntasan hasil belajar sebesar 30,76% dengan tingkat keberhasilan yang artinya dalam kategori sangat kurang. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 79,23 persentase skor yang dicapai 87,5%, ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 84,61% dengan tingkat keberhasilan Baik. Pada siklus I kategori tidak tuntas lebih dominan dibandingkan kategori tuntas, yaitu terdapat 4 peserta didik kategori Tuntas dan 9 peserta didik dalam kategori Tidak tuntas, sedangkan siklus II terdapat 11 peserta didik kategori tuntas dan 2 peserta didik kategori tidak tuntas. Pada siklus II membuktikan adanya peningkatan hasil belajar dalam penerapan Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:14 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:14 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6936 |
Actions (login required)
View Item |