Ismail, Faudiah (2024) Pengaruh Aplikasi TikTok Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT Darul Qur’an Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886207018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Sebagian besar anak kurang menyimak dalam proses pembelajaran dilihat dari kegiatan pembelajaran menyimak yang senantiasa dilakukan secara monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman kemampuan menyimak pada anak usia 4-5 tahun TKIT Darul Qur’an Parepare dengan menerapkan media aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan dengan dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 11 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Darul Qur’an Parepare dapat disimpulkan bahwa sebelum adanya tindakan, kemampuan menyimak anak masih kurang, setelah dilakukan tindakan menggunakan aplikasi TikTok kemampuan menyimak anak mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi siklus I ke siklus II yang mengalami peningkatan pada tiap indikator dengan berkembang sangat baik (BSB).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi TikTok, Kemampuan Menyimak, Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:57 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6928 |
Actions (login required)
View Item |