Fauziah, Nurul (2024) Intonasi Hānī Al-Rifāʻī pada Ayat Peringatan dalam QS. Al-Aʻrāf (Suatu Analisis Fonemik). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203879203005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Intonasi Hānī Al-Rifāʻī Pada Ayat Peringatan Dalam QS. Al-Aʻrāf (Suatu Analisis Fonemik), dengan menganalisis dua rumusan masalah yaitu bagaimana bentuk intonasi Hānī al-Rifāʻī pada ayat peringatan dalam QS. al- Aʻrāf dan bagaimana makna intonasinya. Bertujuan untuk mengetahui bentuk intonasi Hānī al-Rifāʻī pada ayat peringatan dalam QS. al- Aʻrāf serta mengetahui makna intonasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang mencakup pencarian, mengamati dan meneliti kata-kata. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode simak-catat yang diwujudkan dengan cara penyadapan, dimana peneliti menyadap penggunaan bahasa seseorang atau beberapa orang baik berupa lisan ataupun tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam QS. al- Aʻrāf khususnya pada ayat peringatan terdapat 30 bentuk intonasi, diantaranya intonasi naik-turun terdapat pada 10 ayat, intonasi datar terdapat pada 5 ayat, intonasi turun-naik terdapat pada 1 ayat, intonasi naik terdapat pada 7 ayat, dan intonasi turun terdapat pada 7 ayat. Makna intonasi yang didapatkan diantaranya kalimat deklaratif sebanyak 21, perintah sebanyak 8, dan pertanyaan sebanyak 2 yang juga mencakup peringatan, larangan, dan nasihat di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intonasi, Ayat Peringatan, QS. Al-Aʻrāf Intonation, Warning Verse, QS. Al-Aʻrāf النغم، الآيات التحذيرية، سورة الأعراف |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6926 |
Actions (login required)
View Item |