Mufidah, Nurul (2024) Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kompetensi pedagogik Guru di Raudatul Athfal DDI Al- Qalam Bilajeng Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886207013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Kurikulum merdeka menggunakan pembelajaran berbasis proyek( Proyek-based learning) yang dilakukan guru untuk memodifikasi pembelajaran kepada peseta didik merupakan proses peningkatan kemampuan pedagogik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka dan peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan masalah adapun subjeknya terdiri tiga guru, diantara lain kepala Raudatul Athfal, guru kelompok A dan guru kelompok. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara untuk meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogik. Hasil penelitian, pelaksanaan kurikulum merdeka telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman dan telah melakukan pelatihan modul ajar sebelum menerapkan kurikulum merdeka yang mengembangkan pengajaran sesuai dengan pembelajaran berbasis proyek (Project- based learning). Project- based learning guru menciptakan lingkungan belajar yang menarik memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik sesuai dengan tahapan perkembangan dengan menggunakan perangkat ajar seperti modul ajar dan media pembelajaran. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan kurikulum merdeka Pembelajaran berbasis kompetensi(Competency-based learning) dan Pembelajaran berbasis teknologi (Technology-based learning).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Kurikulum Merdeka, Project- based learning |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:18 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6924 |
Actions (login required)
View Item |