Wahyuni, Siti Raodah Sri (2024) Efektivitas Pojok Baca Dalam Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Teppo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886207007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis untuk memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan seseorang, mempelajari informasi baru dan menemukan kesenangan dalam kata-kata tertulis. Salah satu upaya meningkatkan literasi adalah penciptaan suasana belajar yang aman dan menarik, seperti penggunaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti pojok baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pojok baca dalam meningkatkan literasi anak di TK Dharma Wanita Teppo. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, yang sebelumnya didahului dengan sebuah penelitian sederhana dengan observasi. Penelitian berlangsung pada bulan Mei-Juni-Juli 2024. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada dua orang informan yang merupakan guru kelas dan kepala sekolah. Wawancara dilakukan dengan bantuan alat perekam, kemudian dibuat transkrip secara verbatim. Selain dengan wawancara mendalam, peneliti juga melakukan observasi partisipatif di tempat penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1.Gambaran literasi anak di TK Dharma Wanita Teppo yaitu dengan meilhat perilaku anak dimana kebiasaan anak yang dilakukan di sekolah yang menghasilkan nilai-nilai positif yang ditandai dengan berbagai aktivitas seperti anak lebih gemar membaca buku, anak melakukan kegitan pembelajaran dengan baik, anak aktif dalam kegiatan pembelajaran. 2.Pemanfaatan pojok baca di TK Dharma Wanita Teppo ditandai dengan kegiatan dipojok baca seperti, membaca buku yang digemari anak dipojok baca, tulis menulis dipojok baca, dan menggambar dipojok baca serta menyusun huruf dipojok baca yang didukung oleh sarana dan prasarana seperti koleksi buku, hiasan dan dekorasi. 3.Efektivitas pojok baca di TK Dharma Wanita Teppo yang berkaitan dengan upaya peningkatan pengetahuan anak telah melaksanakan efektifitasnya. Adanya pojok baca sekolah membuat pengetahuan anak makin meningkat hal ini dibuktikan dengan aktifitas anak pada proses belajar seperti semakin minat membaca buku, melakukan kegiatan belajar ataupun bermain dipojok baca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pojok Baca, Literasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:12 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6922 |
Actions (login required)
View Item |