Asnar, Armi Nadilah (2024) Pengaruh Metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Dalam Meningkatkan Logika Matematika Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Qurabil Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1800.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) merupakan salah satu metode yang mulai digunakan dalam pembelajaran. STEAM adalah pembelajaran kontekstual yang mengajak anak untuk memahami fenomena di sekitarnya. Pokok permasalah dalam penelitian ini adalah penggunaan metode STEAM dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode STEAM dan pengaruh metode STEAM dalam meningkatkan logika matematika pada anak kelompok A di TK Al-Qurabil Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen desain “One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi pada penelitian ini sebanyak 53 anak dengan jumlah sampel 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode STEAM dapat meningkatkan logika matematika pada anak karena dalam kegiatan membuat jus dan membuat kolase anak dapat belajar menghitung, menakar, memperhatikan pola, bentuk dan susunan yang mereka ciptakan hal ini dapat meningkatkan logika matematika dasar secara tidak langsung. Dari hasil pada uji Paired Samples T Test didasarkan pada aturan bahwa jika nilai sig (2-tailed) < 0.05, hipotesis akan diterima. Sebaliknya, jika nilai sig (2-tailed) > 0.05, hipotesis akan ditolak. Dari tabel hasil pengukuran Paired Samples T Test yang disajikan, terlihat bahwa nilai t = 10.952 dengan signifikasi 0.001. Artinya, dengan nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0.05, hipotesis dapat diterima. Kesimpulannya, penerapan metode STEAM memiliki pengaruh dalam meningkatan logika matematika anak pada kelompok A di TK Al-Qurabil Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: STEAM, Logika Matematika, Anak usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:53
Last Modified: 29 Aug 2024 01:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item