Fatimah, Nurul (2024) Penerapan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan pada Kelompok A di TK Kartika XX 40 Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1800.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kemampuan matematika permulaan beserta penerapan media papan flanel sebagai strategi pengenalan konsep matematika pada anak usia dini. Adapun kemampuan matematika permulaan merupakan kemampuan dalam memahami konsep dasar matematika, mengenal bilangan, angka dan pengoperasiannya yang diberikan sesuai tahapan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan melalui dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sampel pada penelitian ini adalah anak kelompok A dengan jumlah 10 anak. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan matematika melalui kegiatan penerapan media papan flanel di lakukan dengan 2 siklus melalui indikator kognitif yaitu, anak mampu menyebutkan angka 1-10, anak mampu mengenal lambang bilangan, anak mampu mengenal konsep bilangan. Berdasarkan hasil dari siklus I dengan menggunakan media papan flanel angka tema kelinci indikator anak dapat menyebutkan urutan bilangan dan membedakan angka peningkatan kemampuan matematika permulaan belum maksimal dan masih berada dikategori BB dan MB (60%). Adapun hasil siklus II dengan menggunakan media papan flanel angka tema kucing pada indikator mengenal simbol bilangan dan menghubungkan konsep dengan lambang menunjukkan peningkatan kemampuan matematika sudah tercapai dengan baik dan masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik dengan indikator pencapaian (90%). Adapun temuan kebaruan pada penelitian ini yaitu terdapat pada pengenalan konsep bilangan dengan menggunakan media papan flanel yang membuat anak antusias dalam pembelajaran matematika yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Papan Flanel, Matematika Permulaan, Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:52
Last Modified: 29 Aug 2024 01:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item View Item