Hasmiati, Hasmiati (2023) Strategi Guru dalam Pengenalan Suku di Sulawesi Selatan Melalui Pakaian Adat di TK-B RA Al-Amin YMPI Sidrap dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1800.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pengenalan suku dalam penelitian ini khususnya di Sulawesi Selatan yaitu diantaranya, suku Bugis, Makassar, dan Toraja. Suku di Sulawesi Selatan masing-masing memiliki keunikan sehingga menjadi prioritas untuk dikenalkan pada anak usia dini di TK B RA Al-Amin YMPI Sidrap. Tujuan dari hasil penelitian yang pertama, untuk mengetahui bagaimana pengenalan suku di Sulawesi selatan melalui pakaian adat perspektif pendidikan agama Islam di TK-B RA Al-Amin YMPI Sidrap, Kedua bagaimana hasil pengenalan suku sulawesi selatan melalui pakaian adat perspektif Pendidikan Agama Islam di TK-B RA Al-Amin YMPI Sidrap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif., data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Adapun metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian yang menunjukkan proses pengenalan suku Sulawesi Selatan melalui pakaian adat perspektif Pendidikan Agama Islam TK –B RA-Al-Amin YMPI Sidrap dilihat dari kegiatan awal yaitu menyiapkan media pembelajaran, kegiatan inti terdiri dari tiga kegiatan yaitu, mengenalkan, membedakan, dan mengekspresikan kegiatan akhir yaitu dilakukan teknik recalling. Seperti tanya jawab untuk menguatkan karaktaristik dalam perspektif PAI. Jadi, proses pembelajaran dari kegiatan awal, inti dan akhir merupakan pedoman untuk meningkatkan kemampuan anak mengenai pengenalan suku melalui pakaian adat dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Sedangkan hasil pengamatan observasi dinyatakan terdapat 10 anak berkembang sangat baik (BSB) dan 1 anak berkembang sesuai harapan (BSH) ditunjukkan dengan melalui respon anak dengan kemampuan mengenal suku, membedakan suku dan mengekspresikan nama baju adat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Suku,dan Pakaian Adat, perspektif PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:51
Last Modified: 29 Aug 2024 01:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6913

Actions (login required)

View Item View Item