Sulastri, Sri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Self Directive Learning terhadap Presetasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTS DDI Taqwa Parepare pada Mata Pelajaran IPS. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Peserta didik dalam pembelajaran dituntut untuk bisa menunjukkan prestasi belajarnya, oleh karena itu guru sebagai fasilitator dituntutu untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didiknya agar menjadi pembelajar yang kreatif dan terampil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran self directive learning dan prestasi belajar peserta didik di kelas VIII MTs DDI Taqwa Parepare, serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran self directive learning terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs DDI Taqwa Parepare pada Mata Pelajaran IPS. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen, pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel yang diambil secara acak (random) dan jumlah sampel terdiri dari 30 sampel yang terdiri dari 15 sampel dari kelas VIII.1 dan 15 sampel dari kelas VIII.2, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pretes dan postes, dokumentasi, dan treatment, dan teknik analisis data menggunakan uji indepent sampel dengan independent t test. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di kelas VIII MTs DDI Taqwa Parepare dapat mengikuti dengan baik model pembelajaran self directive learning; (2) Prestasi belajar peserta didik di kelas VIII MTs DDI Taqwa Parepare pada kelas kontrol sebesar 48,67 yang merupakan hasil pretest sedangkan hasil post-test sebesar 70,67. Kelas eksperimen hasil pre-test pada prestasi belajar berada pada nilai 49,67 dan hasil post-test menunjukkan nilai 88; (3) Model pembelajaran self directive learning berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 49,67 dan pada saat post-test sebesar 88 sedangkan pada kelas kontrol dari pre-test sebesar 49,67 dan nilai pos-test sebesar 70,67. Kata kunci: Model Pembelajaran SDL, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SDL, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:49
Last Modified: 29 Aug 2024 01:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6911

Actions (login required)

View Item View Item