Amalia, Salma (2023) Implementasi Budaya Sipakatau, Sipakainge, dan Sipakalebbi terhadap Perilaku Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Era globalisasi saat ini kita dihadapkan dengan tantangan yang sangat besar, yang diakibatkan oleh pengaruh negatif dari era globalisasi sehingga kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan budaya sehingga generasi penerus tidak mampu untuk memfilterlarisasibudaya luar yang terkontradiksi dengan nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia.Budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi berasal dari suku Bugis.Budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi ini berisikan tentang prinsip kehidupan, kemudian diwariskan secara turun temurun untuk diamalkan di masyarakat Bugis dalam membentuk pendidikan karakter khusus pada zaman era globalisasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi terhadap perilaku peserta didik melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengumpulkan data menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan uji keabsahan data menggunakan credibility (derajat kepercayaan), tranferability (keteralihan), dependability (ketergantungan), confirmability (kepastian), dan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi diterapkan di SMP Negeri 10 Parepare melalui pembelajaran IPS diantaranya, pembiasaan kegiatan rutin, menerapkan keteladanan, dan diintegrasikan pada mata pelajaran, sedangkan internalisasi budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi mengaitkan pembelajaran IPS dengan nilai-nilai budaya terutama dalam nilai budaya suku Bugis seperti sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi dan ada dua faktor yang mempengaruhi implementasi budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi dalam pembelajaran IPS yaitu faktor pendukung berasal dari materi yang berkaitan dengan budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi, komitmen bersama pihak sekolah, latar belakang peserta didik dan faktor penghambat berasal dari kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya kerja sama dengan orang tua, dan kurangnya pemahaman guru terhadap budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi. Pengimlementasian budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi melalui pembelajaran IPS dilakukan dengan baik oleh guru dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang digunakan guru, dalam Pengimlementasian budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi guru melakukan secara spontan hal ini dikarenakan budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi tidak tercantumkan kedalam RPP dan Silabus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi, Perilaku, Pembelajaran IPS |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:48 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:48 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6910 |
Actions (login required)
View Item |