Burhanuddin, Burhanuddin (2018) Strategi Pendidik Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Mendirikan Salat Zuhur Berjamaah Peserta Didik di SMA Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (FUll text)
14.1100.012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Strategi merupakan suatu cara yang dilakukan agar dapat mempermudah dalam proses pembelajaran dan juga merupakan suatu usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini berguna untuk mengetahui strategi pendidik pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kesadaran mendirikan salatg berjamaah Peserta didik di SMA Negeri 7 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yatu teknik induktif. Uji keabsahan data dengan menggunakan tekhnik triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung di SMA Negeri 7 Pinrang mengenai Strategi Pendidik Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Salat Zuhur Berjamaah Peserta Didik di SMA Negeri 7 Pinrang menunjukkan bahwa, Pertama: sebagian besar dari peserta didik telah memiliki kesadaran baik itu kesdaran dari dalam diri sendiri ataupun kesadaran dari luar diri sendiri atau adanya dorongan dari luar bahwa betapa pentingnya salat berjamaah didirikan khususnya salat zuhur dan mengetahui hukum salat berjamaah, serta peserta didik telah mematuhi ketetapan yang ditetapkan di sekolah seperti melaksanakan salat zuhur berjmaah. Namun masih ada sebagian kecil dari peserta didik yang masih kurang kesadaran dalam mendirikan salat zuhur berjamaah karena adanya beberapa faktor yang menghambat peserta didik. Kedua: Pendidik telah memberikan berbagai Strategi atau pola kepada peserta didik untuk meningkatkan kesadaran mendirikan salat zuhur berjamaah di sekolah diantaranya pendidik memberikan strategi pembiasaan melalui salat zuhur berjamaah, memberikan pembinaan, penerangan dan melakukan ceramah, pengajian atau yasinan serta guru berperan sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada peserta didik guna meningkatkan kesadaran peserta didik. Ketiga: faktor yang mendukung pendidik dalam meningkatkan kesadaran mendirikan salat zuhur berjamaah peserta didik yaitu di sekolah dilakukan kegiatan-kegiatan islami di sekola. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat pendidik pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kesadaran mendirikan salat zuhur berjamaah Peserta Didik di SMA Negeri 7 Pinrang yaitu berasal dari faktor inernal peserta didik itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arwin Arwin |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 21:31 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 21:31 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/691 |
Actions (login required)
View Item |