Akbar, Muhammad (2023) Nilai-Nilai Sosial dan Budaya dalam Tradisi Saiyyang Pattu’du (Kuda Menari) Sebagai Sumber Pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah DDI Lombo’na. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tradisi saiyyang pattu’du (kuda menari) adalah tradisi yang ada di suku Mandar sulawesi barat. Pada umumnya perayaan ini dilakukan untuk memotivasi anak-anak semangat belajar membaca Al-qur’an. Salah satu yang melaksanakan Madrasah DDI Lombo’na pada setiap tahunnya, tentunya dalam tradisi saiyyang pattu’du (kuda menari) terdapat nilai diantaranya adalah Nilai sosial dan budaya. Hal ini yang kemudian menjadi permasalahan peneliti, yaitu hanya merakan tradisi tersebut tanpa mengetahui lebih jauh tentang nilai sosial dan budaya didalamnya, dan peneliti ingin menjadikan sebagai sumber pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah DDI Lombo’na. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang lain dan perilaku yang dapat diamati. Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik analisis data dll. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan tradisi saiyyang pattu’du (kuda menari) di Madrasah Ibtidaiyyah DDI Lombo’na masih terjaga dan dilakukan pada setiap tahunnya. Nilai sosial pada tradisi tersebut mengambarkan beberapa nilai, yaitu nilai gotong royong, silaturahmi, kepekaan sosial dan sikap solidaritas. Sedangkan nilai budayanya adalah rasa syukur dan nilai riligius sebagai tradisi turun temurun yang tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Saiyyang Pattu’dua (kuda menari), Nilai sosial dan Nilai budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:47
Last Modified: 29 Aug 2024 01:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6909

Actions (login required)

View Item View Item