Thalib, Andi Fauziah (2023) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap motivasi Belajar IPS peserta didik pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 10 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar peneliti mengetahui motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 10 Parepare kelas VIII dengan menggunakan media pembelajaran Aplikasi Google Classrom. Objek penelitian yang dipilih adalah siswa SMP 10 Parepare karena salah satu sekolah menengah pertama yang memanfaatkan media pembelajaran Google Classroom untuk proses belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran siswa diberikan penugasan oleh guru dan mengirimkan hasil laporannya melalui google classroom. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian survei dengan metode kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari seluruh populasi kelas VIII SMPN 10 Parepare yang terdiri dari 200 peserta didik. Untuk menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan rumus Isaac dan Michael, dengan sampel sebanyak 132 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriktif, statistik inferensial, uji instrumen penelitian, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan Aplikasi Google Classroom pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare termasuk dalam kategori baik yaitu (65% dari kreteria yang ditetapkan), (2) Motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare termasuk dalam kategori cukup (57% dari kriteria yang ditetapkan), dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Motivasi Belajar peserta didik 5,8%, artinya motivasi belajar peserta didik dipengaruhi sebesar 0,585 oleh Penggunaan aplikasi Google Classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Aplikasi Google Classroom, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:45
Last Modified: 29 Aug 2024 01:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6908

Actions (login required)

View Item View Item