Hastuti D, Hastuti D (2023) Penerapan Metode Bermain Kotak Alfabet dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Kelompok A di RA DDI Majennang Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1800.034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan mengenal huruf abjad sangat penting diterapkan bagi anak usia dini karena merupakan tahapan awal anak sebelum belajar membaca dan berkomunikasi dengan orang lain. Media yang digunakan peneliti adalah permainan kotak alfabet yang terdapat beberapa kartu abjad di atas kotak alfabet. Dengan media yang menarik anak tidak akan mudah bosan dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di RA DDI Majennang, Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam Arikunto adapun subyek penelitian ini adalah kelompok A RA DDI Majennang yang berjumlah sebanyak 12 anak yaitu 5 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan bermain kotak alfabet dilakukan dengan memperkenalkan media kotak alfabet yang isinya berisi kartu huruf dan mengenalkan simbol huruf yang tertera pada kartu huruf, peneliti menunjuk kartu huruf sambil menyebutkan simbolnya dan anak mengikuti menyebutkan simbol tersebut. Kemudian anak menyusun kotak alfabet sesuai pada tema. Selanjutnya anak diajar menulis huruf di buku kotak yang telah disediakan sesuai dengan tema yang diajarkan. (2) Adapun hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak dilihat pada kondisi awal atau pra tindakan kemampuan mengenal huruf peserta didik mencapai nilai 10%, kemudian pada siklus I mencapai nilai 25%, pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 75%, dan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain kotak alfabet dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak pada kelompok A di RA DDI Majennang Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Kotak Alfabet, Mengenal Huruf, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:38 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:38 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6905 |
Actions (login required)
View Item |