Yuninra, Nita (2023) Penerapan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Kedua peserta didik Kelompok A di TK Mutiara Pani Kab. Mamuju Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1800.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Bahasa kedua adalah bahasa yang diperoleh setiap anak dari lingkungannya setelah bahasa yang diajarkan oleh ibunya. Peserta didik yang menggunakan bahasa sehari-hari dilingkungan sekolah, sebagian besar adalah bahasa pertama yang sudah mereka dapatkan sejak lahir. Dimana Bahasa tersebut Sebagian besar adalah bahasa yang lebih dekat ke Bahasa daerah asal anak tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media gambar sebagai salah satu media untuk meningkatkan bahasa kedua peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya tentang penerapan media gambar terhadap peningkatan bahasa kedua peserta didik Kelompok A TK Mutiara Pani Kabupaten Mamuju Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desai one group pretets-posttest design dan pengumpulan data menggunakan pretest-treatmen-posttets. Sedangkan tekni analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan bahasa kedua peserta didik sebelum penerapan media gambar di kelompok A di TK Mutiara Pani Kab. Mamuju Tengah menunjukkan bahwa terdapat 2 peserta didik pada kategori Berkembang sesuai harapan, terdapat 8 peserta didik pada kategori Mulai Berkembang dan 6 peserta didik pada kategori Belum Berkembang. 2) Kemampuan bahasa kedua peserta didik setelah penerapan media gambar kelompok A di TK Mutiara Pani Kab. Mamuju Tengah menunjukkan bahwa terdapat 9 peserta didik pada kategori Berkembang Sangat Baik, terdapat 8 peserta didik pada kategori Berkembang Sesuai Harapan. 3) Perbedaan setelah penerapan media gambar dalam meningkatkan kemampuan bahasa kedua peserta didik kelompok A di TK Mutiara Pani Kab. Mamuju Tengah menunjukkan bahwa nilai t hitung = 18,45 dengan nilai signifikansi 0,000 maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan hasil tes atau pemahaman Bahasa kedua peserta didik antara pretest dan posttest maka terdapat peningkatan kemampuan bahasa kedua peserta didik kelompok A di TK Mutiara Pani Kab. Mamuju Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Bahasa Kedua, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:31
Last Modified: 29 Aug 2024 01:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item