Mogawani, Mogawani (2024) Analisis Keterampilan Guru Dalam Membuka dan Menutup Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Al-Imaniah Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
MOGAWANI 19.1800.015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Analisis keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran berbasis budaya lokal mendeskripsikan tentang analisis keterampilan guru, guru memiliki peran yang sangat penting dalam membuka dan menutup pembelajaran berbasis budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran berbasis budaya lokal TK Al- Imaniah Parepare. Pembelajaran berbasis budaya lokal dianggap penting dalam membangun identitas dan kesadaran budaya pada anak-anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru dan dokumentasi berupa perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar ceklis observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi, display dan verifikasi. Subjek penelitian berfokus pada guru kelompok A dan guru kelompok B di TK Al-Imaniah Parepare yang menerapkan pendekatan berbasis budaya lokal dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Gambaran keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran berbasis budaya lokal di TK Al-Imaniah Parepare mengalami peningkatan yang signifikan dimana guru melakukan tahap permulaan dengan mencari video di youtube macam-macam permainan tradisional, tahap pengembangan guru menyiapkan video yang menunjukkan cara bermain permainan tradisional engklek dan congklak dan tahap penyimpulan dan refleksi guru menyiapkan permainan yang akan dimainkan oleh peserta didik sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Sehingga terjawab Analisis keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran berbasis budaya lokal di TK Al-Imaniah Parepare melalui pendekatan apersepsi, menyampaikan strategi pembelajaran dengan cara visual dan audio, membimbing/menstimulasi anak, memberikan penghargaan dan merefleksi melalui permainan engklek dan congklak sebagai ciri mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran PAUD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Guru, Membuka dan Menutup Pembelajaran, Budaya Lokal |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:28 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:28 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6901 |
Actions (login required)
View Item |