Sahra, Titi (2024) Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Ummahat DDI Cappa Galung Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1800.011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kecerdasan interpersonal sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga maupun sekolah, supaya anak mampu berinteraksi maupun bersosial dengan teman-teman dan pendidik dan anak mudah menyesuaikan diri, berkomunikasi, bekerjasama maupun mengorganisir dilingkungan sekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kecerdasan interpersonal anak kelompok B di RA UMDI Cappa Galung Kota Parepare. (2) bagaimana penerapan metode proyek untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B di RA UMDI Cappa Galung Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode proyek dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B di RA UMDI Cappa Galung Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Dengan teknik purposive sampling, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan yang model PTK nya dikembangkan oleh Kurt Lewin meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B dengan jumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dilihat dari kegiatan peningkatan dari siklus I ke siklus II dimana anak mampu bekerjasama dengan teman sebaya pada pertemuan pertama presentasinya 54,6% (MB), pertemuan kedua presentasinya 45,4% (BSH), pertemuan ketiga presentasinya 27,2% (BSB) dan pertemuan keempat presentasinya 90,9% (BSB), anak mampu menjalin komunikasi sesama teman sebaya pada pertemuan pertama presentasinya 54,6% (MB), pertemuan kedua presentasinya 45,4% (BSH), pertemuan ketiga presentasinya 36,3% (BSB) dan pertemuan keempat presentasinya 90,9% (BSB), anak mampu mengorganisir sesama teman sebaya pada pertemuan pertama presentasinya 54,6% (MB), pertemuan kedua presentasinya 27,2% (BSH), pertemuan ketiga presentasinya 45,4% (BSB) dan pertemuan keempat presentasinya 72,8% (BSB) sehingga mengalami peningkatan dikarenakan adanya perubahan anggota kelompok. Keunggulan dari penelitian ini yaitu mengenalkan konsep sains dengan menggunakan bahan bekas melalui kegiatan proses turun hujan dan pencampuran warna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan interpersonal anak, Metode proyek |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:27 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6900 |
Actions (login required)
View Item |