Rasmi, Rasmi (2024) Efektifitas Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Duampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya terjadi di sekolah saja, akan tetapi di tiga pusat yang lazim dikenal dengan tri pusat pendidikan. Model pembelajaran adalah sebagai suatu desain memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadinya perkembangan pada diri siswa. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learnig. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar peserta didik dikelas VIII SMP Negeri 2 Duampanua pada mata pelajaran IPS, penerapan model pembelajaran Project Based Learning dikelas VIII SMPN 2 Duampanua pada mata pelajaran IPS, dan seberapa efektif model Project Based Learning terhadap peningkatan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Duampanua. Jenis penelitian adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian ini adalah Intact-Group Coparsion dan pendekatan penelitian adalahan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket penelitian dan dokumentasi. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling.Teknik analisis data menggunakan uji t sampel dengan independent t test dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat kemandirian belajar kedua kelas sebelum perlakuan tergolong cukup baik, meski beberapa masih level sedang; (2) Penerapan model Project Based Learning meliputi penjelasan tujuan pembelajaran, pembentukan kelompok heterogen, pengerjaan proyek secara kolaboratif, presentasi dan review hasil proyek. Model ini mampu tingkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS. (3) Rata-rata skor kemandirian belajar peserta didik di kelas eksperimen meningkat 11 poin dari 76,23 menjadi 87,42 setelah diberi perlakuan model Project Based Learning. Sementara di kelas kontrol yang tetap menggunakan model pembelajaran konvensional, rata-ratanya hanya naik 3,83 poin dari 78,57 menjadi 82,40. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kemandirian Belajar, Pelajaran IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:24
Last Modified: 29 Aug 2024 01:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item View Item