Nilamsari, Nilamsari (2023) Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di UPTD SMP Negeri 18 Barru Kelas VIII Dalam Situasi Covid 19. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Kondisi ekonomi orang tua adalah suatu keadaan ekonomi orang tua yang menyangkut perekonomian keluarga dalam masyarakat serta usahanya menciptakan barang dan jasa demi terpenuhinya kebutuhan baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. oleh sebab itu peran orang tua dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan anak di sekolah sangat penting,dalam mendukung motivasi belajar siswa. Motivasi (ektrinsik) belajar adalah suatu dorongan dari diri peserta didik yang dapat menggerakkannya untuk lebih giat dalam melakukan kegiatan belajar mata pelajaran IPS agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan yang ditandai dengan adanya perubahan baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ekonomi orang tua, tingkat motivasi belajar siswa dan pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar ips siswa di UPTD SMP Negeri 18 Barru kelas VIII dalam Situasi Covid. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas data, uji linearitas signifikansi regresi, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 26 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi ekonomi orang tua peserta didik dilihat dari, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, pengeluaran,dan kepemilikan aset orag tua termasuk dalam kategori sedang yaitu 98,3% 2) Motivasi belajar ips peserta didik termasuk kategori sedang yaitu 65.0%. 3) pekerjaan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dimana 3.205 > T tabel 2.38 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05; 4)Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa diman T hitung 4.572 > T tabel 2.38 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05; 5) Pendapatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dimana 3.162 > T tabel 2.38 dan nilai signifikansi 0.003 < 0.05; 6) pengeluaran orang berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa diaman T hitung 3.150 > T tabel 2.38 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05; 7) kepemilikan aset orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dimana T hitung 7.585 > T tabel 2.38 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05; 8) pengaruh Kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar belajar IPS Peserta didik memiliki pengaruh kuat yaitu 0.738%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekonomi Orang Tua, Motivasi belajar, pembelajaran ips |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 23:28 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 23:28 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6895 |
Actions (login required)
View Item |