Asni, Asni (2023) Eksistensi Budaya Pamali sebagai upaya Pembentukan Karakter Anak di Kelurahan Wette’e Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Nilai-nilai budaya lokal sekarang mulai terabaikan. Hal tersebut karena dampak negatif dari globalisasi yang semakin berkembang, sehingga perlahan-lahan mulai menggeser eksistensi budaya lokal. Untuk menghadapi dampak negatif dari globalisasi tersebut, diperlukan berbagai pendekatan sebagai usaha mencari solusi Kajian utama dalam penelitian adalah bagaiamana eksistensi budaya pamali sebagai upaya pembentukan karakter anak di keluraha wette’e kabupaten sidrap dan Bagaimana orang tua menggunakan pamali dalam pembentukan karakter anak di Kelurahan Wette’e Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dilengkapi dengan teknis analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya pamali di kelurahan Wette’e Kabupaten Sidrap masih ada yang menggunakan dan menerapkan pamali dalam pembentukan karakter anak. Bagi masyarakat yang masih menerapkan pamali karena telah menjadi keyakinan yang dipercaya dan dianggap berabad-abad mulai dari leluhur-leluhur mereka, sedangkan mereka yang tidak menerapkan pamali adalah orang yang menganggap pamali sebagai mitos, dalam pandangan bahwa pamali sebenarnya hanyalah keyakinan orang orang dahulu dan masih diterapkan sampai sekarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Budaya pamali, Pembentukan karakter anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 26 Aug 2024 23:28
Last Modified: 26 Aug 2024 23:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6894

Actions (login required)

View Item View Item