Nurjanna, Nurjanna (2024) Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Di Masa Transisi Di SMPN 3 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di masa transisi menjadi aspek penting dalam konteks pendidikan. Selama periode transisi ini, peserta didik dihadapkan pada tantangan akademis, sosial, dan psikologis yang baru, yang dapat memengaruhi tingkat motivasi mereka. Faktor-faktor seperti metode pengajaran yang menarik, relevansi materi, dukungan sosial, serta persepsi mereka terhadap nilai pembelajaran IPS dapat mempengaruhi motivasi belajar mereka. Pemahaman yang mendalam tentang motivasi belajar ini penting bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi peserta didik di masa transisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) selama masa transisi Di SMPN 3 Parepare, Kecamatan Bacukiki Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1. Kondisi motivasi belajar peserta didik pada pembelajaraan IPS dari daring kini kembali dilakukan secara luring sehingga peserta didik melaksanakan pembelajaran tidak hanya pembatasan tatap muka tetapi juga adanya kebijakan-kebijakan baru yang diterapkan oleh pihak sekolah, guru dan peserta didik dihadapkan pada adaptasi terhadap perubahan dalam pengaturan pembagian waktu pembelajaran dan pembagian kelas dan pemahaman yang mendalam terhadap motivasi belajar peserta didik dimasa transisi. 2. Klasifikasi motivasi belajar peserta didik dimasa transisi memilik minat belajar yang tinggi untuk belajar dan mengikuti proses belajar dan tertarik dengan materi diajarkan akan tetapi memiliki kekurangan juga dengan peserta didik motivasi belajar yang rendah menyesuaikan diri dalam pembelajaran diri di masa transisi dan menuukan bahwa adaptasi yang rutin yang tersruktur dan jam sekolah sepanjang memerlukan perhatikan. 3. Simpulannya, peningkatan motivasi belajar peserta didik menghadapi beberapa kendala, seperti kurangnya relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari dan rendahnya dukungan sosial. Namun, strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kendala ini termasuk merancang proses pembelajaran yang menarik, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan mengintegrasikan humor serta interaksi dalam suasana kelas. Peningkatan motivasi belajar peserta didik memerlukan kolaborasi antara guru dan peserta didik serta penggunaan strategi pengajaran yang kreatif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Masa Transisi, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 26 Aug 2024 23:26
Last Modified: 26 Aug 2024 23:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6893

Actions (login required)

View Item View Item