Muliati, Muliati (2024) Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran ips Melalui Media Kartu di Kelas VIII SMP Ma‟had Miftahurrazaq Pao Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tiga rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS sebelum menggunakan media kartu gambar di kelas VIII SMP Ma‟had Miftahurrazaq Pao Kec. Lembang Kab. Pinrang (2) Bagaimana pemahaman siswa dalam pembajaran IPS sesudah menggunakan media kartu gambar di kelas VIII SMP Ma‟had Miftahurrazaq pao kec. Lembang kab. Pinrang (3) Apakah ada perbedaan pemahaman siswa dalam pembejaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan media kartu gambar di kelas VIII SMP Ma‟had Miftahurrazaq pao kec. Lembang kab. Pinrang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan media kartu gambar dan untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan media kartu gambar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Eksperimental Design dalam bentuk pre-test dan post-test. Adapun instrument penelitian yang digunakan yaitu pre-test,treatment atau perlakuan, post-test, dan dokumentasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan media kartu gambar dan untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan media kartu gambar Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa dengan menggunakan media kartu gambar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembejaran IPS di kelas VIII SMP Ma‟had Miftahurrazaq Pao Kec. Lembang Kab. Pinrang mengalami peningkatan, di mana hasil pre-test menununjukkan bahwa dari 20 siswa ada 5 siswa yang mendapatkan nilai baik dan 10 siswa yang mendapatkan nilai cukup baik, dan 5 siswa yang mendapatkan nilai kurang baik. Adapun hasil dari post-test siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa yang signifikan yaitu 15 siswa yang mendapatkan nilai sangat baik dan 5 siswa yang mendapatkan nilai baik. Melalui analisis IBM SPSS Stastistics, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS sebelum menggunakan media kartu gambar berada pada kategori rendah. (2) pamahaman siswa dalam pembelajaran IPS sesudah menggunakan media kartu gambar berada pada kategori tinggi. (3) melalui uji hipotesis dengan paired sample T-test menunjukkan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis dapat diterima maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu gambar efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Ma‟had Miftahurrazaq Pao Kecamatan. Lembang Kabupaten. Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Gambar, Pemahaman Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 26 Aug 2024 23:22
Last Modified: 26 Aug 2024 23:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6891

Actions (login required)

View Item View Item