Rasyid, Abdul Rauf (2024) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar IPS Peserta Didk Kelas VIII Di SMP Negeri 12 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1700.026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Proses belajar tidak lepas dari hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa itu sendiri. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dalam proses belajar mengajar dimana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Kesulitan belajar pada dasarnya adalah suatu gejala yang nampak dalam berbagai manivestasi tingkah laku, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kesulitan belajar siswa akan berdampak terhadap prestasi belajar siswa karena untuk memperoleh prestasi yang baik dapat diperoleh dari perlakuan belajar di sekolah maupun di luar sekolah dan atas ketentuan serta usaha siswa dalam belajar. Hal ini juga terjadi dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, oleh karena itu upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, penting bagi guru dijadikan masukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah guru IPS, dan beberapa orang peserta didik. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar yang dilalui peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Parepare yaitu minimnya tingkat penguasaan materi, lamban dalam melaksanakan tugas yang diberikan, menunjukkan tingkah laku yang berbeda, kurangnya kosentrasi dan kurangnya perhatian terhadap tugas-tugas yang diberikan. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Parepare yaitu menemukan faktor penyebab timbulnya masalah yang dialami peserta didik, melakukan pembimbingan secara khusus kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, dan membangkitkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kesulitan Belajar, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:14
Last Modified: 26 Aug 2024 03:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6887

Actions (login required)

View Item View Item