Fatimah, Fatimah (2024) Peningkatan Reversible Thinking Berdasarkan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203884202037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan Reversible Thinking dan pemecahan masalah matematika siswa terutama dalam mengerjakan soal matematika yang berbentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan Reversible Thinking dan pemecahan masalah pada soal matematika yang berbentuk cerita setelah diterapkannya Prosedur Newman dalam proses pembelajaran dan penyelesaian soal . Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakaan merupakan analisis kualitatif untuk mendeksripsikan hasil penelitian melalui observasi dan teknik analisis kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian tes. Indikator keberhasilan penelitian ini berdasarkan kemampuan Reversible Thinking dan pemecahan masalah yang memenuhi target nilai rata-rata KKM ≥ 75 dengan persentasi jumlah siswa tuntas dalam satu kelas ≥ 80%. Hasil penelitian ini adalah : 1) Kemampuan reversible thinking siswa sebelum dilaksanakan penelitian ini berada di kualifikasi sedang jika dilihat dari rata-rata perolehan nilai kelas, peningkatan kemampuan reversible thinking siswadapat ditingkatkan melalui tahapProsedur Newman dalam proses pembelajaran dan pemecahan masalah yang terdiri dari 5 tahapyaitu: membaca, memahami, mentransformasi, mengerjakan soal, dan menuliskan jawaban. 2) Terdapat peningkatan kemampuan Reversible Thingking dan pemecahan masalah pada siswadilihat berdasarkan perubahan sikap dan peningkatan hasil belajar dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi prosedur newman dengan baik pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan Reversible Thinking dan pemecahan masalah siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Pinrang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah, Prosedur Newman, Reversible Thinking, Transformasi geometri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:06 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6885 |
Actions (login required)
View Item |