Azis, Andi Nur Indah Sari (2023) Analisis Profesional Guru IPS Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik UPTD SMP Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1700.016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesional guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar yang ada di UPTD SMP Negeri 3 Parepare. Guru profesional dalam mengatasi kesulitan belajar akan menghasilkan pembelajaran yang optimal jika peserta didik menjalankan peran dan langkah�langkah yang dapat dilakukan sehingga guru mencapai kondisi pembelajaran yang optimal. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar adalah dengan mencoba bersikap terbuka, membimbing peserta didik untuk memahami dan memanfaatkan potensi diri, menciptakan hubungan yang serasi, serta merangsang keaktifan peserta didik. Oleh karena itu guru berperan penting di sekolah dan dapat menjadi orang tua kedua untuk peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah Guru IPS dan peserta didik yang ada di UPTD SMP Negeri 3 Parepare. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi dan wawancara. Di lengkapi dengan bukti gambar. Hasil kesimpulan penelitian ini adalah kesulitan yang sangat sering terjadi kepada peserta didik dimana seorang guru yang biasanya menyampaikan materi dengan cara berbelit-belit dan guru harusnya memberikan motivasi kepada peserta didik agar tidak merasakan kesulitan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Profesional guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sehingga mampu mengelola proses pembelajaran secara efektif. 2) Tingkat kesulitan belajar peserta didik yaitu ketika peserta didik tidak mampu memahami materi yang disampaikan atau tidak menyukai pembalajaran IPS sehingga meningkatnya kesulitan belajar. 3) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu peserta didik memiliki gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologi gangguan tersebut mungkin menampakkan dirinya dalam bentuk kesulitan mendengar, berpikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja atau menghitung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesional, guru, kesulitan belajar, peserta didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6882 |
Actions (login required)
View Item |