Tammamma, Subhan (2024) Pengaruh Kreatifitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMPN 6 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1700.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kreatifitas guru dalam pemaanfaatan media audio visual yang dimaksud adalah tingkat kreatifitas guru dalam memvariasikan dan memanfaatkan media audio visual untuk menunjang proses belajar mengajar dengan indikator yaitu mempermudah pembelajaran di kelas, memberikan pengalaman yang nyata, menarik perhatian siswa lebih besar, menjaga relevansi antara materi pembelajaran dengan tujuan belajar, dan pengajaran lebih menarik perhatian sehingga dapat menumbuhkah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kreatifitas guru dalam pemanfaatan media audio visual terhadap motivasi belajar IPS peserta didik. Adapun Motivasi belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah dorongan dari keseluruhan daya penggerak dalam diri peserta didik yang mampu memberikan pengaruh terhadap kegiatan belajar dengan meningkatkan energi siswa, menetapkan tujuan yang akan dicapai, menyusun strategi belajar yng efektif, serta meningkatkan keinginan belajar siswa sehingga menimbulkan kegiatan belajar sesuai dengan kehendak subyek yang ingin dicapai Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian korelasi dengan metode kuntitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel dalam pebelitian ini berjumlah 54 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif, statistik Inferensial, uji instrument penelitian, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 24. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa Kreatifitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Parepare termasuk pada kategori tinggi yaitu 85,41% sedangkan Motivasi Belajar IPS di SMP Negeri 6 Parepare termasuk pada kategori Sedang yaitu 78,98%. Berdasarkan hasil uji korelasi menggunakan IMB SPSS 24 antara Kreatifitas Guru dengan Motivasi Belajar dapat diketahui bahwa nilai probabilitas 0.391, yang artinya 0.05 < 0.391 (taraf signifikan 5%), nilai β sebesar -119 jadi dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif antara Kreatifitas Guru dalam Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar IPS peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Guru, Motivasi Belajar IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: magang user
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:08
Last Modified: 23 Aug 2024 01:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6881

Actions (login required)

View Item View Item