Masyitha, Masyitha (2018) Konsep dan Implementasi Model Keterpaduan Pembelajaran Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insan kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1100.007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Konsep keterpaduan pembelajaran merupakan konsep memadukan beberapa mata pelajaran umum dan agama dengan mengangkat tema tertentu sesuai ketetapan yang tertera dalam K13 yang kemudian diterapkan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan beberapa model pembelajaran terpadu seperti model conncted, webbed, integrated dan nested. Konsep keterpaduan pembelajaran menuntut adanya keterlibatan langsung peserta didik dalam proses pembelajaran untuk lebih memudahkan peserta didik dalam mengenal, memahami, mengingat dan menerapkan materi yang telah dipelajari. Hal inilah sehinga penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai konsep dan implementasi model keterpaduan pembelajaran pada sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Bina Insan kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan implementasi model keterpaduan pembelajaran studi kasusu pada sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) bina insan kota parepare. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian, yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep keterpaduan pembelajaran pada sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Bina Insan kota Parepare yaitu memadukan mata pelajaran umum dengan menyisipkan pelajaran agama pada setiap mata pelajaran sehingga menghasilkan generasi bangsa yang berkarakter sesuai yang tertera dalam K13. Terkait pengimplementasian model keterpaduan yang diterapkan dalam proses pembelajaran menjadi daya tarik tersendiri dalam meningkatkan minat belajar peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan tujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keseimbangan antara ilmu pengetahuan dengan spiritual sehingga terbentuk karakter Islami yang menjadi jati diri peserta didik serta dapat menjadi panutan dikalangan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arwin Arwin |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 17:42 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 13:38 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/686 |
Actions (login required)
View Item |