Djannah, Fathul (2023) Eksplorasi Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Pondok Pesantren Ittihadiyah Tanre Assona. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1600.037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengesplorasi tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa dan pemahaman konsep siswa terutama siswa kelas VIII di Pondok Pesantrent Ittihadiyah Tanre Assona, serta menganalisis apakah kemampuan pemahaman konsep ini mempunyai pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara matematis dengan baik dan tepat. Adapun pengaruh yang dimaksud adalah tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitaf dengan jenis penelitian ex post facto dengan desain penelitian yaitu kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu 96 peserta didik dengan menggunakan kriteria pemilihan sampelnya sebanyak 31 peserta didik. Jumlah sampel yang telah ditetapkan dipilih dengan menggunakan metode Porability Sampling dengan menggunakan tehnik simple random sampling pada penelitian ini, karena jumlah populasi yang ingin diteliti kurang dari 100 orang. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dokumen dalam bentuk lembar jawaban ulangan tengah semester matematika siswa kelas VIII yang berfungsi sebagai alat untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa (X) dan komunikasi matematika (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan bahwa pemahaman konsep siswa mempunyai pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mengomunikasikan gagasan dan ide matematika dengan benar dan tepat, terutama siswa kelas VIII Pondok Pesantren Ittihadiyah Tanreassona. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F yang dilakukan dimana diperoleh nilai F_hitung≥F_tabel dan tingkat korelasi yang dperoleh tergolong kuat yaitu sebesar 0.735 serta nilai r^2 adalah 56.9%, maka disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa memiliki pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: magang user
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:50
Last Modified: 20 Aug 2024 03:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6859

Actions (login required)

View Item View Item